Top Ad unit 728 × 90

Kata2 Betawi Paling Kocak Tapi Jarang Digunakan...



Hari ini kan ulang tahun Jakarta ke 487 ya. Nah dalam rangka ikut merayakannya, KUTALKUTIL mau ngajak kamu mendalami Jakarta lewat suku aslinya yaitu Betawi. Gak, KUTALKUTILC gak mau bahas soal kesenian Betawi, melainkan bahasa Betawi yang terkenal unik dan lucu. Sebenernya sih orang Betawi itu suka asal nyerocos aja untuk menjelaskan sesuatu hal tanpa mikirin lawan bicaranya ngerti atau nggak. Yaudah nyok belajar bahasa Betawi.

 Mamprah
Bisa berarti berantakan atau tersebar dalam jumlah yang banyak.

Cara penggunaan:

Anto: Galau nih gue

Budi: Kenape?

Anto: Putus nih apa pacar gue

Budi: Yaelah, cewek lu pikirin, tuh mamprah cewek di Mall tinggal lu pilih aje

Tisi
Kadanag dibaca Tesi, tergantung Betawinya wilayah mana. Artinya adalah sendok

Cara penggunaan:
Anto: Ini makannya pake tangan?
Budi: Iye, mang ngape? lu mau tisi? tuh di sono 
 
Mindo

Bisa berarti nambah kalau makan, atau bisa juga makan terus

Cara penggunaan:
Anto: Buset gue masih lapar
Budi: Yaudah gih Mindo, masih banyak nasinye
Baca

Biasanya dibaca dengan bace, karena Betawi itu suka ganti huruf A jadi E. Artinya bisa ngomongin, ngejek, atau ngecengin orang tapi orangnya ada di tempat.

Contoh penggunaan:
Anto: Eh San, kemaren si Budi lucu banget deh, naik tangga jalan ketakutan
Santi: Huahahaha, kaget ya ada tangga bisa jalan, Bud?
Budi: Bace terus, bace terus
Berak
Ada beberapa orang Betawi yang mengartikan kegiatan buang hajat ini sebagai bohong atau ngebual.

Contoh penggunaan:
Anto: Bud, gue kayaknya mau pilih si A deh nanti di pilpres. Soalnya dia katanya mau blablabla
Budi: Ya elu mau aje diberakin sama die

Belok
Artinya tanah yang becek, biasanya abis ujan gede gitu deh. Huruf E dibaca seperti baca rujak bebek.

Contoh penggunaan:
Anto: Nanti malam kondangan kawinannya Santi jadi ya, Bud!
Budi: Waduh lagi musim ujan gini gue males nih, jalanan rumahnya kan belom diaspal, pasti belok dah tuh
Jember
Artinya bisa kotor atau jelek.

Contoh penggunaan:
Budi: Lu yakin mau ke kawinan Santi kayak gitu?
Anto: Iya, kenapa emang?
Budi: Kagak, jember bener muke lu kayak comberan 
 
Madirabit
Artinya kurang ajar atau brengsek
Contoh penggunaan:
Budi: Madirabit nih si Santi
Anto: Kenap, dia Bud?
Budi: Dia nyang bunting mase gue yang harus tanggung jawab. Make die aja belum pernah gua

Bagen
Artinya biarin



Contoh penggunaan:
Anto: Bud, lu kok makan soto pake tangan sih?
Budi: Lah bagen, tangan-tangan gue, emangnya gue pake tangan lu!
Benggolan
Artinya uang logam atau koin
Contoh penggunaan:
Budi: Eh to, lu punya benggolan gak? buat kerokan nih
Anto: Sebentar, nih ada nih koin SS Mega World Sega
 
Empos
Huruf E dibaca seperti baca "anak bebek". Artinya cubit yang sakit banget.
Contoh penggunaan:
Anto: Kenapa tuh tangan lu merah banget?
Budi: Iye nih kemaren di empos emak gue karena gak mau ngaji 
 
Kaokin
Artinya manggil orang dengan teriak
Contoh penggunaan:
Budi: Kemaren gue liat lu lagi mau masuk tempat pijet.
Anto: Lu kok gak panggil gue?
Budi: Lah cape gue kaokin lu tapi gak denger, budek kali lu ye 
 
Mendusin
Artinya kebangun dari tidur, biasanya tengah malam
Contoh penggunaan:
Anto: Muka lu ngantuk banget, Bud.
Budi: Iye nih mendusin gue tadi pagi, trus gak bisa tidur lagi 
 
Gajahkata
Maksudnya dia bilang tidak, tapi orang Betawi kadang ngomong dia jadi jiah dan ngomong tidak jadi nggak yang kemudian dipendekin jadi ga. Trus kata disini maksudnya bilang, utarakan, atau sampaikan.

Contoh penggunaan:
Anto: Bud, si Santi jadi ikut nonton Calvin Harris gak nanti?
Budi: Gajahkata
Anto: Kenapa?
Budi: Auk, indehoy kali
Dingdet
Artinya tinggi sebelah
Contoh penggunaan:
Budi: Lu ngancingin baju gimane dah, To?
Anto: Emang kenapa?
Budi: Dingdet tuh
Anto: Oiya, kelongkap satu lobang nih
Segitu dulu kali ya. Nanti di ulang tahun Jakarta yang ke 488 diterusin lagi. Semoga bisa bermanfaat. Ya kali aja kamu ketemu gebetan yang bokapnya Betawi, jadi kamu tau gimana caranya buat basa basi.
Kata2 Betawi Paling Kocak Tapi Jarang Digunakan... Reviewed by KUTALKUTIL Rmoz on Tuesday, June 24, 2014 Rating: 5
Portal Berita Menarik dan berbeda dari yang lain Kutalkutil © 2014 - 2016
Didesain oleh KUTALKUTIL

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.