Top Ad unit 728 × 90

Awas !! Kalau Kita Ngelakuin Hal Kayak Gini Bisa Membatalkan Puasa...

Ilustrasi orang yang sedang ngegosip

Selama bulan Ramadhan kita diharuskan untuk menjaga diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Salah satunya menahan lapar, haus dan hawa nafsu kita. Namun selain itu ada banyak hal yang tidak Anda sadari yang ternyata bisa mengurangi pahala puasa dan bahkan puasa Anda dianggap batal.

Berikut kami rangkum beberapa hal di sekeliling Anda yang tidak disadari bisa membatalkan puasa Anda. Sebaiknya Anda berhati-hati.

7. Ngegosip
Membicarakan orang lain seolah menjadi kebiasaan beberapa orang terutama kaum hawa. Apalagi membicarakan keburukan seseorang saat bulan Ramadhan bisa saja membatalkan pahala puasa secara keseluruhan.

Oleh karena itu jika Anda sedang berkumpul bersama teman, kerabat atau keluarga yang lagi ngegosip sebaiknya Anda pergi saja.

6. Menyikat gigi
Islam memang menganjurkan umatnya untuk menjaga mulut agar tetap segar selama seharian penuh berpuasa salah satunya dengan menyikat gigi. Namun ketika Anda menyikat gigi saat sedang menjalan puasa, hal itu mungkin saja bisa membatalkan puasa Anda bila menelan sesuatu saat sedang menyikat gigi. Bila tak sengaja maka puasa Anda masih dianggap sah, tapi alangkah baiknya Anda menyikat gigi sesudah makan sahur.

5. Besentuhan dengan lawan jenis
Remaja banyak yang tidak menyadari bahwa bersentuhan dengan lawan jenis bisa mengurangi pahala puasa bahkan membatalkan puasa. Bila seseorang dengan sengaja menyentuhkan badan, tangan atau anggota tubuh lainnya dengan pasangannya maka hal itu bisa mengurangi pahala puasa. Dan hal itu juga bisa membatalkan puasa bila pasangan itu bersentuhan sambil memikirkan hal-hal kotor.

4. Nonton televisi
Memang asyik nonton televisi saat bulan Ramadhan dengan tujuan ngabuburit. Tapi perhatikan acara apa yang kamu tonton. Jika kamu nonton acara yang tidak mengundang hawa nafsu maka itu dianggap sah-sah saja. Namun bila sebaliknnya Anda menonton hal-hal yang bisa memancing nafsu Anda, tidak memungkinkan puasa Anda akan batal.

3. Meludah
Meludah ternyata juga bisa membatalkan puasa apabila Anda secara sengaja menelan ludah itu. Namun bila tidak sengaja puasa Anda masih dianggap sah. Oleh karena itu jangan terlalu sering meludah untuk mencegah hal itu terjadi.

2. Marah
Orang yang berpuasa diajarkan untuk menahan segala emosi yang ada dalam dirinya. Namun ketika emosi itu sudah tidak bisa dibendung lagi apalagi sampai bertengkar, tentu hal itu akan membatalkan puasa Anda. Tapi jika tujuan Anda marah untuk mendidik atau menegur anak, hal itu masih dianggap wajar.

1. Membayangkan makanan lezat
Ini memang tidak membatalkan puasa tapi bisa mengurangi pahala puasa Anda. Membayangkan makanan lezat yang akan disantap ketika berbuka puasa bisa memancing hawa nafsu Anda untuk makan atau minum sehingga tubuh Anda tidak kuasa lagi menahan lapar dan haus.

Mau Tau Sumbernya..? Disini
Awas !! Kalau Kita Ngelakuin Hal Kayak Gini Bisa Membatalkan Puasa... Reviewed by KUTALKUTIL on Tuesday, June 24, 2014 Rating: 5
Portal Berita Menarik dan berbeda dari yang lain Kutalkutil © 2014 - 2016
Didesain oleh KUTALKUTIL

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.