Top Ad unit 728 × 90

Cara Efektif Jokowi Jawab Pertanyaan Wartawan...

Gubernur DKI Jokowi memang dikenal dengan gayanya yang merakyat dan memiliki sifat rendah hati. Pada saat diwawancara oleh para wartawan pun, Jokowi dikenal lihai untuk menjawab pertanyaan serius menjadi candaan.

[imagetag]
Berikut ini cara-cara Jokowi untuk menjawab pertanyaan dengan lihai dengan gayanya yang sangat merakyat. Cekidoot!

1. "Enggak Tahu"
Seperti yang kita tahu, beberapa waktu lalu SBY melakukan blusukan ke desa Tanjung Pasir, Tangerang. Ketika Jokowi ditanya mengenai soal "blusukan" SBY ini, Jokowi enggan berkomentar dan hanya menjawab dengan beberapa patah kata saja. "Enggak tahu, enggak mau komentar," ujar Jokowi ketika ditanya wartawan.

2. "Sebel Dong"
Selain kata-kata "enggak tahu" yang selalu dilontarkan mantan walikota Solo ini, Jokowi pun selalu mengucapkan "Sebel Dong" entah itu disadarinya atau tidak.

Saat ditanya soal pembahasan jalan tol khusus Tanjung Priuk-Cibitung, Jokowi pun menjawabnya dengan, "Denger aja belum. Tol itu untuk apa. Ndak tahu, denger aja belum. Kamu tanya terus saya gak pernah ngerti, lama-lama sebel dong."

3. "Belum Ngerti"
Yang khas dari Pak Jokowi adalah, beliau tidak mau menjawab pertanyaan dari wartawan jika ia belum tahu persoalan yang sedang ditanyakan. Seperti pada saat Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan menggerebek pabrik penggilingan daging babi yang diolah menjadi bakso di Cipete, Jakarta Selatan.

Jokowi nyatanya belum mendapat laporan mengenai hal tersebut, dan tak tahu ada bakso daging babi yang meresahkan warga. Jokowi pun hanya menanggapinya dengan, "Oh belum ngerti," kata Jokowi, Kamis (13/12)

4. "Waduh" dan "Aduhh"
Jokowi memang tak pernah malu jika menjawab pertanyaan yang dilontarkan kepadanya dengan bahasa yang merakyat. Hal itu sering dilakukannya dengan mengatakan kata "waduhhh" dan "aduhhh" jika harus menjawab pertanyaan yang bukan kapasitasnya untuk menjawab. Seperti saat ditanya soal cerita ada pencurian di gedung Pemprov DKI lantai 18. "Masa saya semua. Ngurusin kmalingan, hanyut. Kalau tanya ke saya yang bersifat kebijakan, jangan kemalingan, waduhhhh, aduhhh," kata Jokowi.

5. "Gak Ada"
Joko Widodo ditegur Mendagri Gamawan Fauzi karena APBD DKI untuk 2013 telat disusun. Dia pun akan mengaduh kalau pertanyaan wartawan soal APBD ini makin membuat dia pusing. Ia pun hanya menanggapi dengan, "Gak ada. Gak ada yang alot-alot kok," ujar Jokowi.

6. "Biasa Aja"
Jokowi pun merendah saat ditanya perasaannya ketika Ia terpilih menjadi walikota terbaik ke-3 di dunia. Jokowi hanya berkomentar, "Biasa aja. Bener to biasa aja," kata Jokowi.
Cara Efektif Jokowi Jawab Pertanyaan Wartawan... Reviewed by x on Sunday, January 13, 2013 Rating: 5
Portal Berita Menarik dan berbeda dari yang lain Kutalkutil © 2014 - 2016
Didesain oleh KUTALKUTIL

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.