Top Ad unit 728 × 90

Rahasia Terbesar Makan Sahur...

Jika kamu masih malas untuk bangun dan makan sahur, maka mulai sekarang kamu harus memperbaiki gaya hidup seperti itu. Makan sahur selain dianjurkan oleh agama ternyata juga menyimpan rahasia kesehatan bagi kamu yang melaksanakannya.

Makan sahur ternyata memiliki manfaat tersembunyi lho. Jadi jangan malas untuk makan sahur, karena sebenarnya sahur itu sangat baik. Nggak percaya? Menurut Pramono, Ahli Gizi RSUD Ulin Banjarmasin dirinya telah mengungkap rahasia sehat dari makan sahur.

Menurutnya, bangun di waktu sepertiga malam terakhir (01.00-Subuh) untuk makan sahur akan mengurangi terkena stress. Pasalnya orang yang tidur pada sepertiga malam terakhir itu akan memproduksi banyak hormon stress.

Hormon stress akan meningkat pada waktu sepertiga malam tersebut. Produksi hormon ini bisa di tanggulangi jika kita bangun dari tidur. Karena sebenarnya tidur merupakan waktu yang digunakan berbagai macam hormon untuk di produksi.

"Jadi ketika kita bangun makan sahur pada saat sepertiga malam terakhir otomatis akan menghentikan produksi kortisol dan sekaligus menjaga fungsi hormon-hormon baik selama kita tidur terutama di sepertiga malam kedua (pukul 22.00 " 01.00) dapat bermanfaat secara optimal," tutur Pramono seperti dikutip Tribunnews.

Hormon Kortisol ini juga memberikan beberapa efek buruk pada tubuh manusia. Seperti hilangnya massa otot, terurainya otot, tendon, ligament, karena digunakan untuk membentuk glukosa. Menurunnya kadar DHEA, hormon pertumbuhan, IGF-1 dan TSH (thyroid stimulating hormon).

Dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar gula darah, menurunnya kepekaan insulin serta meningkatkan nafsu makan dan selalu ingin makan yang manis. Terakhir, meningkatnya lemak tubuh yang biasanya ditandai dengan perut yang membuncit.

Artinya, bangun pada sepertiga malam terakhir (untuk makan sahur) akan membantu tubuh jadi lebih sehat, terlihat awet muda, dan bisa mencegah penyakit kencing manis (diabetes). Jadi jangan malas lagi yah makan sahur, selamat mencoba.
Rahasia Terbesar Makan Sahur... Reviewed by Unknown on Friday, July 26, 2013 Rating: 5
Portal Berita Menarik dan berbeda dari yang lain Kutalkutil © 2014 - 2016
Didesain oleh KUTALKUTIL

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.