Top Ad unit 728 × 90

Kenapa Kita Bangun Tidur Kita Masih Merasa Ngantuk..?

kutalkutil.blogspot.com - Tidur pada dasarnya mampu menyembuhkan rasa sakit dan lelah seperti yang sudah di jelaskan pada artikel sebelumnya. Namun tidak jarang di usia yang menjelang dewasa, terutama bagi usia kerja, tetap merasa lelah meskipun sudah tidur dalam jangka waktu lama. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Beberapa alasan di bawah ini bisa menjadi faktor mengapa kita jadi malas bangun dari tempat tidur karena masih merasa lelah. Apakah ada di antaranya yang sesuai dengan kondisi anda? Silahkan di cek.

1. Kecemasan
Kecemasan bisa jadi masih menggelayuti pikiran anda ketika tidur, sehingga anda mengalami beberapa hal seperti sering terbangun saat tidur atau seperti setengah tidur. Hal inilah yang kemudian membuat Anda merasa sangat lelah ketika bangun.

2. Stres
Stres dalam kehidupan tidak bisa dihindari. Bila hal ini mulai mengganggu jam tidur anda, mulailah untuk menanamkan sugesti positif ketika anda tidur. Selama setengah jam sebelum tidur, fokuskan pikiran anda untuk beristirahat dan hindari memikirkan masalah pekerjaan atau pribadi.

3. Games
Tidak sedikit di antara kita yang pasih suka bermain games. Entah itu di handphone, komputer maupun aplikasi online. Ketergantungan pada suatu game bisa mempengaruhi pikiran anda ketika tidur. Batasi jam main game anda, dan mulailah beristirahat dengan teratur.

4. Film Horor

Setelah menonton film horor, orang cenderung enggan mematikan lampu, atau masih terbayang-bayang dengan adegan horor dalam film tersebut, sehingga menyebabkan mereka berimajinasi yang tidak-tidak. Hal ini bisa mempengaruhi pikiran anda sepanjang tidur. Selain mengurangi kualitas tidur juga membuat anda tidak nyenyak.

5. Snack Tengah MalamNgemil di tengah malam mungkin kelihatan biasa, namun meski perut dalam keadaan kenyang dan memudahkan untuk tidur, justru anda akan bangun dengan rasa lelah keesokan harinya. Oleh karena itu, menghindari snak di malam hari sebenarnya bukan untuk diet semata, tapi juga untuk tidur anda.

6. Pertengkaran
Pertengakaran yang mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari bisa membuat anda mengalami tekanan negatif. Pikiran negatif yang terbawa selama tidur, tidak akan membuat anda bangun dalam keadaan baik. Oleh karena itu, nasehat orang tua untuk memaafkan siapapun sebelum tidur adalah hal yang berguna.

7. Anak, Balita, Bayi

Sebagai wanita, mungkin kita akan lebih rawan bangun tidur dalam kondisi lelah. Seringkali anak membuat kita bangun di tengah malam. Entah karena mereka haus, tidak bisa tidur, rewel dan sebagainya. Hal ini bisa membuat anda bangun dengan rasa lelah.

Namun jangan khawatir, anda dapat menyiasatinya dengan sedikit adaptasi dan melakukan refreshing rutin setiap seminggu sekali. Menerapkan pola hidup sehat juga bisa membantu anda mengatasi problem tidur ini.

Penanggulangan
Tidur adalah senjata yang diperlukan oleh banyak orang dari berbagai usia. Pastikan anda memiliki tidur yang berkualitas dan bangun dengan segar. Bila kondisi di atas menimpa anda, cobalah memperbaiki pola hidup. Misalnya dengan melakukan olahraga, makan teratur dan merawat tempat tidur anda.

Anda juga bisa melakukan konsultasi pada dokter karena kelelahan bisa jadi pertanda kolesterol sedang meningkat. Jangan sembarangan mengonsumsi obat tidur karena belum tentu bisa memperbaiki kondisi tidur anda.

Itulah tadi tips yang bisa anda terapkan agar dapat bangun lebih segar setelah tidur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Mau Tau Sumbernya..? Disini
Kenapa Kita Bangun Tidur Kita Masih Merasa Ngantuk..? Reviewed by x on Tuesday, February 11, 2014 Rating: 5
Portal Berita Menarik dan berbeda dari yang lain Kutalkutil © 2014 - 2016
Didesain oleh KUTALKUTIL

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.