Top Ad unit 728 × 90

Butuh Trilunan Gigabyte Data Untuk Membuat 1 Manusia Buatan

 
Manusia memang makhluk yang sangat fenomenal. Dengan total 10 miliar sel saraf di otak, tidak ada yang bisa mengalahkan kemampuan mengolah 'data' manusia. Lalu kira-kira berapa jumlah data yang dibutuhkan untuk membangun manusia itu sendiri?

Sebuah blog video Sains terkenal di Youtube, Veritasium, berhasil menggunakan rumus matematika untuk menghitung data atau informasi yang diperlukan untuk membangun manusia dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Hasilnya pun sangat mengejutkan, seorang manusia dewasa setidaknya memiliki data atau informasi total di tubuhnya sebanyak 60 zettabyte (sekitar 65 triliun gigabyte). Hasil perhitungan ini diperoleh dari kalkulasi perkalian 40 triliun sel di tubuh manusia dengan 1,5 GB untuk data genetik tiap selnya.

Ya, hanya diperlukan 1,5 GB informasi untuk satu kode genetis pada satu sel tubuh manusia. Uniknya, untuk membedakan satu manusia dengan manusia lainnya hanya dibutuhkan perbedaan data kurang dari 1 megabyte. Hal ini dikarenakan hampir seluruh manusia di muka bumi memiliki 99,9 persen informasi genetik yang sama.

Veritasium juga memperkirakan pada tahun 2020 nanti seluruh data digital yang ada di dunia belum mampu menandingi jumlah data dalam tubuh manusia. Karena memang jumlah data digital dunia tahun 2020 hanya mencapai 40 zettabyte, terpaut 20 zettabyte dari seluruh data penyusun satu manusia saja, Gizmodo (03/07).

Butuh Trilunan Gigabyte Data Untuk Membuat 1 Manusia Buatan Reviewed by KUTALKUTIL on Saturday, July 05, 2014 Rating: 5
Portal Berita Menarik dan berbeda dari yang lain Kutalkutil © 2014 - 2016
Didesain oleh KUTALKUTIL

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.