Top Ad unit 728 × 90

Wah Kulkas Ramah Lingkungan Terbuat Dari Tanah Liat....

Kehadiran lemari es banyak membantu rumah-rumah tangga modern di seluruh dunia. Sayangnya, lemari es masih menjadi barang mewah dan cukup mahal untuk sebagian besar masyarakat di negara berkembang. Inilah yang melatarbelakangi seorang penemu dan entrepreneur asal India, Mansukh Prajapati, untuk mengembangkan barang-barang keperluan rumah tangga dari tanah liat.

Salah satu barang hasil temuan Prajapati adalah "Mitticool", lemari penyimpanan makanan yang dibuat dari tanah liat. Lemari ini tidak memerlukan aliran listrik, namun mampu mempertahankan kondisi makanan selama dua hingga tigga hari. Susu segar pun lebih awet jika disimpan dalam lemari ini.


Prajapati memproduksi "Mitticool" dan barang-barang karyanya yang lain di Gujarat. Di tempat ini pula, dia mendapat bahan bakunya.


Sekilas, "Mitticool" memang tampak seperti lemari es berukuran kecil, lengkap dengan pintu tembus pandang di depannya. Namun, cara kerja "Mitticool" jauh berbeda. Penggunanya perlu memasukkan air di tangki yang ada di bagian atas lemari ini. Seiring waktu, air akan menetes melalui materialnya. Dengan cara ini, bagian dalam "Mitticool" bisa lebih dingin hingga delapan derajat Celcius dari temperatur ruangan.

"Lemari ini tidak berakibat buruk bagi kesehatan kita. Benar-benar ramah lingkungan. Dan tidak perlu dirawat seperti lemari es lainnya," ujar Prajapati.

Selain sederhana dan tidak memerlukan perawatan, hasil karya Prajapati ini pun relatif murah, yaitu sekitar 50 Dollar AS (Rp 587.655).

Sayangnya, setiap unit "Mitticool" memerlukan waktu pembuatan mencapai 10 hari. Selain itu, lemari mungil ini pun cukup berat. Butuh dua orang dewasa untuk membawanya.

Di tengah kelebihan dan kekurangan "Mitticool", Prajapati sebenarnya sudah mencetak prestasi tersendiri. Selain menawarkan solusi alternatif bagi penduduk India, dia juga sudah menyebarkan mesin ini ke Kenya, hingga Uni Emirat Arab.

Wah Kulkas Ramah Lingkungan Terbuat Dari Tanah Liat.... Reviewed by KUTALKUTIL on Wednesday, July 09, 2014 Rating: 5
Portal Berita Menarik dan berbeda dari yang lain Kutalkutil © 2014 - 2016
Didesain oleh KUTALKUTIL

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.