Top Ad unit 728 × 90

Doa Untuk Menjauhkan teman Penipu...

Sering kita mendengar jika kita berteman dengan pandai besi maka kita akan terkena bau besinya. Tapi jika kita berteman dengan penjual minyak wangi maka kita akan terkena wanginya. Untuk itu kita harus tahu teman mana yang baik dan yang buruk.

Teman adalah salah satu orang yang berpengaruh dalam membentuk bagaimana kita. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dalam memilih teman. Tapi bukanlah hal yang mudah untuk menemukan teman yang istiqomah dan selalu mengajak kita pada kebaikan. Teman yang dianggap baik bisa saja berubah menjadi teman yang jahat atau penipu.

Sebagai manusia biasa, kita tidak dapat membaca isi hati setiap orang, begitu juga dengan seorang teman. Tidak ada yang tahu apakah teman atau sahabat itu akan terus bersama atau baik kepada kita selamanya atau justru tiba-tiba bisa mencelakakan kita. Untuk itu, Rasulullah mengajarkan sebuah doa agar dijauhkan dari orang jahat, termasuk jika itu teman dekat kita.

Berdoalah bahwa sesungguhnya kita berlindung pada-Nya dari hari buruk, waktu buruk, malam buruk, teman buruk, dan tetangga jahat yang ada di tempat tinggal tetap kita.

Doa agar dihindarkan dari teman penipu lainnya adalah meminta perlindungan Allah dari teman dekat yang senang menipu, dia yang matanya melihat kita tapi mencurigai kita di dalam hati. Jika ia melihat kebaikan maka ia akan menyembunyikannya. Tapi jika ia melihat keburukan maka ia akan menyebarkannya.

Doa-doa tersebut berisi permintaan kita agar Allah melindungi kita dari kejahatan teman yang senang berkhianat dan menipu. Entah bagaimana Allah melindungi kita, serahkan itu pada Allah karena Dialah yang tahu mana yang terbaik untuk kita. Meskipun demikian, kita harus tetap menjaga husnuzhan pada teman dekat, jangan sibuk mencurigainya, karena Allah yang akan menjauhkannya dengan pelan-pelan dari kita. Selain itu, bisa juga Allah tetap menjadikannya teman dekat bagi kita tapi menghilangkan tipu daya yang ada pada dirinya. Untuk itu, kita tidak perlu menjauhkan atau mendekatkan sahabat kita sendiri karena kita tidak tahu yang sesungguhnya.

Adakalanya Allah membukakan keburukan teman dekat tanpa harus mengoreknya. Selain itu, Allah juga bisa membukakan keburukan teman dekat tanpa kita sadari. Karena doa agar terhindar dari orang jahat tersebut, meskipun kita tetap berprasangka baik padanya, Allah akan membukakan kebenaran dari sahabat kita.

Sebagai makhluk sosial kita dituntut untuk memiliki hubungan dengan orang lain dan memiliki teman. Kehidupan ini tidak lengkap rasanya jika kita tidak memiliki teman dekat. Tapi, ingatlah bahwa tidak ada yang tahu apa yang ada di dalam hati atau pikiran teman kita. Namun, tidak perlu mencurigainya secara berlebih karena itu akan merusak pertemanan kita. Cukup memasrahkan hal ini pada Allah yang tahu segalanya melalui do’a agar terhindar dari teman yang berkhianat sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah.

Oleh karena itu, bagaimanapun sifat teman kita mintalah perlindungan dari Allah dari segala keburukan yang ada. Karena hanya Dia yang tahu isi hati teman kita dan yang bisa menjauhkan kita dari teman yang berkhianat. Selain itu, agar Allah memberikan kita teman yang berpengaruh baik dalam kehidupan di dunia sehingga tidak akan menjerumuskan kita pada lembah dosa.


Doa Untuk Menjauhkan teman Penipu... Reviewed by Unknown on Sunday, July 24, 2016 Rating: 5
Portal Berita Menarik dan berbeda dari yang lain Kutalkutil © 2014 - 2016
Didesain oleh KUTALKUTIL

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.