Top Ad unit 728 × 90

Yuk Tajamkan Pikiran Anda Dengan Cara Rahasia ini....

Cara Memperbaiki Ingatan Dan Kesehatan Otak - Usia menua tidak selalu identik dengan ingatan berkurang. Ada hal - hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kehilangan ingatan dan menstimulir otak.

Ilustrasi Menjaga Kesehatan Otak ( Foto @aak-share.com )

Menurut neuropsychiatrist di Center for Brain Health, Cleverland Clinic, ada orang yang otaknya sama sekali tidak memburuk di usia 70-an dan 80-an. Memang, ada yang ingatannya jadi lebih lambat atau rusak sejalan dengan pertambahan umur, tapi banyak hal dalam kognisi yang jadi lebih baik ketika usia bertambah.

Otak bisa bertambah baik sejalan dengan pertambahan umur. Jika Anda sehat di usia senja, kemungkinan Anda bisa memperbaiki kerja otak dengan cara :

Membuat pilihan - pilihan bijak
Mencegah respons emosional
Memprioritasi
Fokus

CARA MEMPERBAIKI INGATAN
Jika ingatan hilang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer, ada obat yang bisa diresepkan dokter untuk memperlambat progresi penyakit. Tapi bagi kebanyakan orang, ada hal - hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi kehilangan ingatan dan menstimulir proses berpikir.

Pilihan - pilihan yang dibuat dan kebiasaan - kebiasaan yang dikembangkan di usia penuh baya bisa membantu memperlambat atau mencegah masalah - masalah ingatan. Otang - otang yang menjaga kesehatan di usia 40-an dan 50-an sering mengalami sindrom kehilangan ingatan yang lebih ringan dan kurang memburuk kemudian hari.

Berikut, hal - hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko kehilangan ingatan terkait dengan penuaan.

Stimulir Otak
Pepatah lama mengatakan, gunakan atau Anda akan kehilangan. Tantang diri sendiri, saranCEO Alzheimer's Society, Kanada. Jika teka - teki silang hari ini gampang, isi yang lebih sulit pada keesokannya.

Kontrol Risiko Jantung
Sebisa mungkin kendalikan risiko penyakit jantung seperti hipertensi, diabetes dan kolesterol tinggi. Semua yang sehat untuk jantung juga sehat untuk otak.

Makan Baik
Ikuti panduan makan sehat dan coba resep otak sehat. Banyak di antaranya yang kaya asam lemak omega-3, sayuran daun hijau, rendah lemak jenuh, dan rendah sodium. Resep bisa dilihat di situs Alzheimer Society.

Olahraga
Jaga fisik tetap bugar. Para ahli kini menemukan, kendati pun didiagnosis Alzheimer,olahraga bisa menunda progresi penyakit ini dan menurunkan efek dari simptom.

Bergaul
Orang - orang yang hidupnya terpencil, terutama di usia senja, sering pikirannya tidak mendapat tantangan. Mereka tak perlu berpikir cara merespon terhadap sesuatu.

Kendati pun tidak terlalu dini untuk memulai kebiasaan - kebiasaan otak sehat, juga tak pernah terlalu lambat.

Permainan Otak
Orang - orang yang pikirannya aktif memburuk lebih lambat dibanding yang tidak. Kerajinan tangan, game, membaca, komputer dan mengembangkan keterampilan - keterampilan baru bisa membantu menstimulir dan melatih otak.

Bukti menunjukkan, kekuatan pembelajaran bekerja membangun jalan baru untuk pikiran dan mengembangkan kelebihan di dalam otak yang diperlukan ketika sel - sel otak mati. Caranya sederhana. Mulai dari sisi teka - teki silang dan Sudoku sampai belajar main gitar, main bridge, atau belajar bahasa baru. Prinsipnya seperti olahraga fisik. Jika membosankan, Anda tak akan melakukannya. Cari hal - hal yang menarik untuk Anda. Bisa permainan low tech atau high tech atau kombinasi dari keduanya.

Pikir Anda terlalu muda untuk cemas kehilangan ingatan ? Kendati pun tidak mengalami kehilangan ingatan, harus melakukan langkah pencegahan. Jadi, ingat untuk melakukan olahraga, sibukkan otak, perhatikan makanan dan kendalikan faktor risiko penyakit jantung, lalu beri hadiah kepada diri sendiri dengan permainan otak yang menyenangkan.

Yuk Tajamkan Pikiran Anda Dengan Cara Rahasia ini.... Reviewed by Unknown on Thursday, July 28, 2016 Rating: 5
Portal Berita Menarik dan berbeda dari yang lain Kutalkutil © 2014 - 2016
Didesain oleh KUTALKUTIL

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.